Kamis, 27 Juni 2013

Sumur Bor untuk penghafal Al-Qur'an

Sumur Bor Solusi untuk Sumber Air Melimpah

Sumur bor adalah salah satu jenis sumur buatan yang dibuat dengan bantuan alat bor untuk mencapai kedalaman sumur yang cukup sehingga akan bertemu dengan sumber air tanah yang melimpah. Suplai air pada dasarnya sangat melimpah karena sebagian besar bumi ini  memiliki wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan. Lautan, teluk, sungai, danau, dan bahkan sungai bawah tanah yang kita tidak bisa lihat secara kasat mata adalah pembagian-pembagian wilayah perairan di bumi ini. Besarnya wilayah perairan di bumi seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan bagi seluruh makhluk  hidup yang tinggal di bumi termasuk manusia. Namun sayangnya, karena keserakahan manusia bumi menjadi rusak dan salah satu dampak dari  kerusakan bumi adalah berkurangnya suplai air di bumi akibat berkurangnya daerah resapan air, pembalakan liar, penggundulan hutan, dan masih banyak kerusakan lainnya yang disebabkan oleh manusia. Suplai air yang berkurang kemudian membuat manusia mengalami kesulitan untuk mendapatkan suplai air.

Sumur Bor sebagai Sumber air yang baik

Sumber air yang baik yang bisa didapatkan oleh manusia adalah sumber air dalam di mana kita harus menggunakan teknologi canggih dan modern untuk  mencapai sumber air yang dalam tersebut. Alat bor adalah salah satu jenis alat berat yang biasa digunakan untuk menggali sumber air pada sumur bor yang mempunyai kedalaman yang cukup besar.Pada umumnya alat bor digunakan untuk menggali sumber minyak bumi yang kemudian akan diolah menjadi berbagai macam produk olahan minyak bumi seperti solar, pertamax, aftur, dan masih banyak produk lainnya. Namun ternyata alat bor juga bisa digunakan untuk memggali lokasi yang diidentifikasi sebagai sumber air. Air adalah sumber kehidupan bagi semua magkhluk hidup di muka bumi ini. Namun banyak orang yang tidak menyadarai nilai manfaat yang sangat besar dari air yang biasa mereka gunakan setiap hari. Tak sedikit air yang terbuang sia-sia hanya karena kita lupa mematikan keran air. Sementara di belahan bumi lain, jutaan  suadara kita meregang nyawan karena tidak adanya sumber air akibat kekeringan yang melanda wilayah tempat tinggal mereka.

Untuk menghindari kasus yang sama dengan saudara-saudara kita yang mengalami kekeringan, kini kita bisa memanfaat teknologi yang canggih dan modern untuk menggali sumber air yang sulit didapatkan di wilayah tempat tinggal kita, Cara apa saja yang bisa dilakukukan untuk mendapatkan air yang melimpah? Berikut adalah jawabannya. Cara yang pertama adalah dengan cara mendapatkan suplai air bersih dari pemerintah sebagai bagian dari fasilitas dari pemerintah. Biasanya, air akan dialirkan melalui pipa-pipa yang saling menyambung dan panjang membentang antar satu rumah ke rumah lainnya. Cara yang kedua untuk mendapatkan suplai air adalah air dapat dialirkan dari sumur bor. Cara yang ketiga merupakan cara yang paling sederhana karena kita  hanya mengandalkan pada air hujan saja dengan cara menampung air hujan. Dan cara yang terakhir adalah dengan mengambil air dengan cara memompa air sungai atau danau ke tempat penampungan air yang sangat besar.

Akan tetapi sebagian besar orang lebih menyukai air yang didapatkan dari sumur bor karena air sumur memiliki kualitas air yang bagus baik dari segi tingkat pencemarannya yang rendah, air yang jernih , tidak berasa, dan berbau serta cara memperolehnya yang sagat mudah. Untuk membuat sumur  yang dalam dan dapat menjangkau sumber air terbaik, sumur bor adalah solusi terbaiknya karena alat bor untuk sumur bor ini sudah dirancang khusus untuk menggali objek dengan hasil yang optimal dan cepat.

Alhamdulillah, Pesantren Putri Nurul Iman Hidayatullah kini telah memiliki sumber air bersih sendiri. berkat bantuan Allah Subhanahu wata'ala melalui donatur di daerah Solo, sumur bor yang dicita-citakan telah selesai dikerjakan dan berhasil mendapatkan air yang berkecukupan sedalam 110 meter. Dengan tersedianya air tersebut Insya Allah kebutuhan air bersih untuk pondok (santri dan pengasuh) dapat tercukupi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar